ULANGAN TENGAN SEMESTER KEWIRAUSAHAAN

 

 

PROPOSAL USAHA

ROTI BAKAR SEHAT

 

 

JIHAN BASYASYAH

40120558 - 2DC02

 

 

 

 

PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER

FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI

UNIVERSITAS GUNADARMA

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang sukses. Sesuatu yang baru dan berbeda adalah nilai tambah barang dan jasa yang menjadi sumber keunggulan untuk dijadikan peluang.

Di Indonesia sendiri belum begitu banyak masyarakatnya yang berwirausaha, sebagian besar menjadi karyawan atau buruh di negeri sendiri. Mindset kesuksesan hanya didapatkan jika bekerja di kantoran dan perusahaan yang besar mengakibatkan meningkatnya angka pengangguran, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan di masyarakat untuk memanfaatkan peluang bisnis dan kurangnya pemikiran yang luas untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Dari permasalahan diatas kami mencoba berwirausaha sebagai upaya pelatihan diri bagi kami dan mengubah mindset bahwa lulusan sarjana tidak hanya menjadi pekerja tetapi dapat membuka lapangan pekerjaan. Kami membuka usaha kuliner dengan produk Roti Bakar SEHAT sebagai salah satu kuliner yang sedang marak ramai diminati orang sebagai jajanan pemanjan lidah dengan harga terjangkau dan rasanya yang bervariasi.

 

Visi dan Misi

 

1.         Visi

Menjadikan produk kuliner Roti Bakar sebagai salah satu kuliner yang maju dan diminati banyak orang dengan varian rasa yang beragam dan harga yang terjangkau sehingga dapat dijangkau oleh kalangan anak-anak dan mebuat kuliner roti bakar sebagai salah satu produk jajanan yang tidak membosankan di lidah para penggemarnya.

2.         Misi

-       Mengenalkan produk roti bakar SEHAT kepada Masyarakat Luas

-       Membuat inovasi dengan produk roti bakar sehingga tidak terkesan membosankan

-       Meningkatkan kualitas produk Roti Bakar SEHAT yang aman dan beragam varian rasa yang enak dan halal dikonsumsi.

-       Mengutamakan kualitas pelayanan demi kepuasan konsumen terhadap produk roti bakar kami.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tujuan dan Maksud Kegiatan Usaha

 

1.      Tujuan Kegiatan Usaha

Tujuan kami memilih jenis usaha ini yaitu:

-       Mendapatkan keuntungan.

-       Menarik minat konsumen untuk merasakan produk yang kami buat agar mencapai target penjualan

-       Membantu mempertahankan makanan tradisional agar tidak hilang.

-       Mengasah softskill berwirausaha.

-       Menambahkan pengalaman bagi kami sebagai calon sarjana yang mampu berwirausaha dan membuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat luas.

-       Sebagai sarana kami dalam memperkenalkan produk jajanan yang aman, sehat, beraneka rasa dan terjangkau di ekonomi masyarakat disegala jenjang usia.

 

 

2.         Maksud Kegiatan Usaha

Dari kegiatan ini kami bermaksud menyalurkan ilmu yang kami miliki yaitu kemampuan di bidang kuliner, adapun terjun di dunia usaha sebagai bentuk mencari pengalaman dan menambah wawasan keilmuan agar kelak dapat lebih baik lagi jika berwirausaha.

Kegiatan ini diutamakan sebagai pembukaan baru lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia jika bisnis produk Roti Bakar kami berkembang pesat dan sukses sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru di wilayah Jabodetabek.

 

 

 


 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

Profil

Roti Bakar SEHAT adalah brand dari kewirausahaan kami, bahan bakunya adalah roti yang digoreng seperti biasa diatas wajan dengan menggunakan mentega. Roti bakar biasanya dikenal dengan sebagai kuliner Roti dengan isian yang membosankan dengan varian rasa yang sama hampir disetiap kedai dan warung yang menyediakan roti bakar, tidak jauh dari rasa coklat, stroberi, keju dan kacang. Namun untuk produk roti bakar akan mengangkat nama Roti Bakar SEHAT yang terdiri dari kata Sehat, Enak, Halal, Aman dan Terjangkau. Dengan tujuan kami yaitu memberikan jajanan sehat, enak dan aman dengan harga yang dapat dijangkau uang kantong segala tahapan usia dari anak-anak sampai orang dewasa dengan varian rasa yang lebih beragam sehingga pelanggan yang membeli tidak akan merasa bosan dengan inovasi rasa yang kami berikan.

 

Strategi Pasar

Agar rencana mendirikan usaha ini berjalan dengan lancer, upaya yang ditempuh dalam melakukan strategi pasar antara lain:

 

1.         Segmenting

Segmenting pasar adalah dengan menjadikan pembeli sebagai target yang akan di capai, produk yang harus kami buat adalah produk yang dapat di nikmati oleh berbagai kalangan dari masyarakat dengan tingkatan berbeda, produk ini juga bisa dinikmati dari anak-anak hingga orang dewasa.

 

2.         Targeting

Target pasar yang kami bidik adalah kalangan mahasiswa, masyarakat setempat, serta kantin-kantin sekolah.

3.         Positioning

Agar produk kami mudah dikenali oleh masyarakat, kami berinovasi dengan cara menambahkan bahan baru yang membedakan makanan ini dengan yang ada. Bahan yang kami tambahkan yaitu susu, meses , kacang, serta keju cheddar. Adapun kemasannya akan kami buat dengan mika atau gabus,. Sehingga tampilan lebih menarik, rasa lebih unggul dan kualitas sangat baik.

Analisis SWOT Sebagai Kelayakan Usaha

Sebagai acuan untuk menghadapi persaingan dalam bidang usaha, setiap kegiatan untuk memulai usaha kami harus mengukur kemampuan kami terhadap lingkungan atau pesaing melalui SWOT.

1.         Kekuatan (Strength)

Rasa percaya bahwa produk ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat luas.

 

 

 

 

 

2.         Kelemahan (Weakness)

-       Produk tidak tahan lama.

-       Produk mudah ditiru.

-       Harga bahan baku tidak stabil.

 

3.         Peluang (Oportunity)

Produk ini memang sudah ada di kalangan masyarakat akan tetapi usia Roti Bakar SEHAT ini berbeda dengan Roti Bakar SEHAT yang biasa. Roti Bakar SEHAT ini produk hasil modifikasi sehingga menjadi produk baru serta menarik yang dapat bersaing dengan makanan-makanan modern.

Roti Bakar SEHAT di jaman sekarang sudah jarang yang memproduksi, sehingga kami mempunyai peluang yang cukup baik dalam pemasaran, apalagi Roti Bakar SEHAT merupakan varian baru yang dapat menarik minat konsumen untuk merasakan sensasi baru dari Roti Bakar SEHAT ini.

4.         Ancaman (Treath)

Ancaman yang dapat timbul dari usaha ROTI BAKAR SEHAT ini antara lain:

-       Pesaing tidak sehat.

-       Bahan baku tidak stabil.

-       Adanya produk serupa dengan kualitas baik dan harga murah sehingga menjatuhkan produk kami.

 

 


 

 

 

 

BAB III

MANAGEMEN PRODUKSI

 

Proses Produksi

Kegiatan yang kami lakukan dalam kegiatan produksi yaitu:

1.         Mengembangkan ide pembuatan produk dengan membaca kebutuhan knsumen terhadap sebuah produk yang sedang popular yaitu kuliner.

2.         Melalui bagian produksi, kami mulai menentukan bahan baku penunjang selain bahan baku utama. Dalam hal ini kami melakukan survei pasar guna mendapatkan harga yang lebih kompetitif dasar pasar.

3.         Proses produksi dilakukan dengan rangkaian kegiatan yang mengedepankan azas higienis guna terciptanya kepercayaan terhadap konsumen akan produk yang kami pasarkan.

4.         Menyusun laporan keuangan, tahapan ini dilakukan untuk membuat system managemen yang baik dalam kegiatan usaha. Kami percaya, jika penanganan konsumen tersusun dengan baik maka semua kegiatan produksi akan berjalan lancar dan maksimal.

 

Bahan Baku

Dalam proses produksi kami menggunakan bahan baku rincian sebagai berikut:

 

 

 

 

Bahan Bahan Usaha

 

Perkiraan Harga per Barang

 

Roti (1 Paket, isi sekitar untuk 5 roti bakar)

 

Rp 10.000 (per 1 paket)

 

Mentega

 

Rp 40.000 (per 1 Kg)

 

Meises Coklat

 

Rp 36.000 (Per 1 Kg)

 

Keju

 

Rp 30.000 (Per Batang)

 

Selai Buah

 

Rp 30.000 (Per botol selai)

                                               

Selai Kacang

 

Rp 30.000 (Per Botol)

 

Sosis

 

Rp 24.000 (Per Kemasan)

 

Kornet

 

Rp 20.000 (Per Kemasan)

 

Saus Tomat

 

Rp 25.000 (Per Kemasan Besar)

 

Saus Pedas

 

Rp 20.000 (per kemasan besar)

 

Mayonaise

 

Rp 20.000 (Per Kemasan Besar)

 

Milo

 

Rp 15.000 (Per Renceng)

 

Selai Coklat

 

Rp 30.000 (Per Botol)

 

Gas Elpiji

 

Rp 25.000 (12 kg Melon)

 

TOTAL

 

Rp 350.000

 

 (Daftar Bahan Baku)


 

 

 

 

Peralatan dan Perlengkapan

Dalam kegiatan produksi kami, peralatan dan perlengkapan yang kami gunakan sebagai berikut:

 

1.         Peralatan

No

Nama Barang

Qty

1

Wajan Teflon

1

2

Sodet / Spatula

1

3

Kompor

1

4

Tabung Gas 12 kg

1

5

Tatakan / Meja

1

 (Daftar Peralatan)

 

 

2.         Perlengkapan

No

Nama Barang

Qty

Harga Satuan

Jumlah

1

Wadah Steroform

100pcs

Rp.    400

Rp. 40.000

2

Garpu Plastik

5pck

Rp. 3.500

Rp. 17.500

3

Kertas Minyak

100lbr

Rp.    200

Rp. 20.000

Total

Rp. 87.500

 (Daftar Perlengkapan)

 

Biaya Lain-Lain

No

Nama Biaya

Jumlah

1

Isi Ulang Gas

Rp. 20.000

2

Pamflet

Rp. 10.000

3

Kupon

Rp.  2.000

Total

Rp. 32.000

 (Biaya Lain-Lain)

 

Cara Pembuatan

1.      Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, memasukan gula pasir dan telur yang sudah anda siapkan ke dalam mangkuk atau wadah berukuran besar.

2.      Kemudian, kocok kedua bahan tersebut dengan menggunakan kocokan manual atau whisker. Kocok hingga gula pasir larut dan adonan mengembang.

3.      Apabila sudah seperti itu, masukan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil dikocok sampai merata.

 

 

4.      Lalu masukan margarin yang sudah anda lelehkan ke dalam adonan. Aduk sampai margarin tercampur rata.

5.      Kemudian tambahkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk. Aduk hingga semua adonan benar-benar tercampur rata.

6.      Apabila adonan sudah tercampur rata, maka anda dapat menuangkan adonan ke dalam teko kecil atau wadah bercorong yang lainnya

7.      Roti Bakar SEHAT siap dijual

 

 

 


 

 

 

 

 

BAB IV

RENCANA ANGGARAN

Modal/ Pemasukkan

Modal yang kami keluarkan dalam sekali produksi ialah sebesar Rp. 248.500

Total Biaya                         = Bahan Baku + Perlengkapan + Biaya lain-lain

                                           = Rp.350.00 + Rp.  87.500 + Rp.  32.000

Total pengeluaran yang digunakan dalam satu kali produksi menghasilkan 250pcs produk dengan modal pengeluaran Rp. 469.500

 

Penentuan Harga Jual

Harga Pokok Produksi       = Total Biaya/Hasil Produksi

                                           = Rp. 469.500,-/250

                                           = Rp. 1.878,-

Harga Jual                          = Harga Pokok+Laba yang diinginkan

                                           = Rp. 1.878,- + Rp. 1.122,-

                                           = Rp. 3.000

Jadi harga jualnya yaitu (Rp. 3.000,-/pcs)

Perhitungan Laba/Rugi

Laba                                   = (Hasil produksi x Harga jual)-Modal

                                           = (250 x Rp. 3.000)- Rp. 469.500

                                           = Rp. 750.00 – Rp. 469.500

                                           = Rp. 280.500,-

Persentase Laba                 = Laba/Modalx100%

                                           =  280.500/469.500x100%

                                           = 0.6%

Persentase dari laba bersih yang didapat dalam satu kali produksi yaitu 0.6%



BAB V

PENUTUP

 Kesimpulan

Roti Bakar SEHAT merupakan brand produk yang diciptakan oleh kami dalam bidang ini, kami menciptakan produk ini atas survey yang kami lakukan untuk mencari peluang bisnis yang baik dan bermanfaat (yang dibutuhkan) oleh masyarakat, kami sangat mengharapkan produk yang kami buat dapat diterima dan disenangi oleh konsumen.

Komentar