ULANGAN TENGAN SEMESTER KEWIRAUSAHAAN
PROPOSAL
USAHA
ROTI
BAKAR SEHAT
JIHAN
BASYASYAH
40120558
- 2DC02
PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI
INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif
dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang
sukses. Sesuatu yang baru dan berbeda adalah nilai tambah barang dan jasa yang
menjadi sumber keunggulan untuk dijadikan peluang.
Di Indonesia sendiri belum
begitu banyak masyarakatnya yang berwirausaha, sebagian besar menjadi karyawan
atau buruh di negeri sendiri. Mindset kesuksesan
hanya didapatkan jika bekerja di kantoran dan perusahaan yang besar
mengakibatkan meningkatnya angka pengangguran, hal ini dikarenakan kurangnya
pengetahuan di masyarakat untuk memanfaatkan peluang bisnis dan kurangnya
pemikiran yang luas untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.
Dari permasalahan diatas
kami mencoba berwirausaha sebagai upaya pelatihan diri bagi kami dan mengubah mindset bahwa lulusan sarjana tidak
hanya menjadi pekerja tetapi dapat membuka lapangan pekerjaan. Kami membuka
usaha kuliner dengan produk Roti Bakar SEHAT sebagai salah satu kuliner yang
sedang marak ramai diminati orang sebagai jajanan pemanjan lidah dengan harga
terjangkau dan rasanya yang bervariasi.
Visi dan Misi
1.
Visi
Menjadikan produk kuliner Roti Bakar sebagai salah satu kuliner yang
maju dan diminati banyak orang dengan varian rasa yang beragam dan harga yang
terjangkau sehingga dapat dijangkau oleh kalangan anak-anak dan mebuat kuliner
roti bakar sebagai salah satu produk jajanan yang tidak membosankan di lidah
para penggemarnya.
2.
Misi
- Mengenalkan produk
roti bakar SEHAT kepada Masyarakat Luas
- Membuat inovasi dengan
produk roti bakar sehingga tidak terkesan membosankan
- Meningkatkan kualitas produk
Roti Bakar SEHAT yang aman dan beragam varian rasa yang enak dan halal
dikonsumsi.
- Mengutamakan kualitas
pelayanan demi kepuasan konsumen terhadap produk roti bakar kami.
Tujuan dan Maksud Kegiatan
Usaha
1. Tujuan Kegiatan Usaha
Tujuan kami memilih jenis
usaha ini yaitu:
- Mendapatkan keuntungan.
- Menarik minat konsumen
untuk merasakan produk yang kami buat agar mencapai target penjualan
- Membantu mempertahankan
makanan tradisional agar tidak hilang.
- Mengasah softskill berwirausaha.
- Menambahkan
pengalaman bagi kami sebagai calon sarjana yang mampu berwirausaha dan membuka
lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat luas.
- Sebagai
sarana kami dalam memperkenalkan produk jajanan yang aman, sehat, beraneka rasa
dan terjangkau di ekonomi masyarakat disegala jenjang usia.
2.
Maksud Kegiatan Usaha
Dari kegiatan ini kami
bermaksud menyalurkan ilmu yang kami miliki yaitu kemampuan di bidang kuliner,
adapun terjun di dunia usaha sebagai bentuk mencari pengalaman dan menambah
wawasan keilmuan agar kelak dapat lebih baik lagi jika berwirausaha.
Kegiatan ini
diutamakan sebagai pembukaan baru lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia
jika bisnis produk Roti Bakar kami berkembang pesat dan sukses sehingga dapat
membuka lapangan pekerjaan baru di wilayah Jabodetabek.
BAB II
PEMBAHASAN
Profil
Roti Bakar SEHAT adalah brand dari kewirausahaan kami, bahan bakunya adalah roti yang digoreng seperti biasa diatas
wajan dengan menggunakan mentega. Roti bakar biasanya dikenal dengan sebagai kuliner
Roti dengan isian yang membosankan dengan varian rasa yang sama hampir disetiap
kedai dan warung yang menyediakan roti bakar, tidak jauh dari rasa coklat,
stroberi, keju dan kacang. Namun untuk produk roti bakar akan mengangkat nama Roti
Bakar SEHAT yang terdiri dari kata Sehat, Enak, Halal, Aman dan Terjangkau.
Dengan tujuan kami yaitu memberikan jajanan sehat, enak dan aman dengan harga
yang dapat dijangkau uang kantong segala tahapan usia dari anak-anak sampai
orang dewasa dengan varian rasa yang lebih beragam sehingga pelanggan yang
membeli tidak akan merasa bosan dengan inovasi rasa yang kami berikan.
Strategi Pasar
Agar rencana mendirikan
usaha ini berjalan dengan lancer, upaya yang ditempuh dalam melakukan strategi
pasar antara lain:
1.
Segmenting
Segmenting pasar adalah dengan menjadikan pembeli sebagai
target yang akan di capai, produk yang harus kami buat adalah produk yang dapat
di nikmati oleh berbagai kalangan dari masyarakat dengan tingkatan berbeda,
produk ini juga bisa dinikmati dari anak-anak hingga orang dewasa.
2.
Targeting
Target pasar yang kami
bidik adalah kalangan mahasiswa, masyarakat setempat, serta kantin-kantin
sekolah.
3.
Positioning
Agar produk kami mudah
dikenali oleh masyarakat, kami berinovasi dengan cara menambahkan bahan baru
yang membedakan makanan ini dengan yang ada. Bahan yang kami tambahkan yaitu susu,
meses , kacang, serta keju cheddar.
Adapun kemasannya akan kami buat dengan mika atau gabus,. Sehingga tampilan
lebih menarik, rasa lebih unggul dan kualitas sangat baik.
Analisis SWOT Sebagai Kelayakan Usaha
Sebagai acuan untuk
menghadapi persaingan dalam bidang usaha, setiap kegiatan untuk memulai usaha
kami harus mengukur kemampuan kami terhadap lingkungan atau pesaing melalui
SWOT.
1.
Kekuatan (Strength)
Rasa percaya bahwa produk
ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat luas.
2.
Kelemahan (Weakness)
- Produk tidak tahan lama.
- Produk mudah ditiru.
- Harga bahan baku tidak
stabil.
3.
Peluang (Oportunity)
Produk ini memang sudah ada
di kalangan masyarakat akan tetapi usia Roti Bakar SEHAT ini berbeda dengan Roti
Bakar SEHAT yang biasa. Roti Bakar SEHAT ini produk hasil modifikasi sehingga
menjadi produk baru serta menarik yang dapat bersaing dengan makanan-makanan
modern.
Roti Bakar SEHAT di jaman
sekarang sudah jarang yang memproduksi, sehingga kami mempunyai peluang yang
cukup baik dalam pemasaran, apalagi Roti Bakar SEHAT merupakan varian baru yang
dapat menarik minat konsumen untuk merasakan sensasi baru dari Roti Bakar SEHAT
ini.
4.
Ancaman (Treath)
Ancaman yang dapat timbul
dari usaha ROTI BAKAR SEHAT ini antara lain:
- Pesaing tidak sehat.
- Bahan baku tidak stabil.
- Adanya produk serupa dengan
kualitas baik dan harga murah sehingga menjatuhkan produk kami.
BAB III
MANAGEMEN PRODUKSI
Proses Produksi
Kegiatan yang kami lakukan
dalam kegiatan produksi yaitu:
1.
Mengembangkan ide pembuatan produk dengan membaca kebutuhan knsumen
terhadap sebuah produk yang sedang popular yaitu kuliner.
2.
Melalui bagian produksi, kami mulai menentukan bahan baku penunjang
selain bahan baku utama. Dalam hal ini kami melakukan survei pasar guna
mendapatkan harga yang lebih kompetitif dasar pasar.
3.
Proses produksi dilakukan dengan rangkaian kegiatan yang mengedepankan
azas higienis guna terciptanya kepercayaan terhadap konsumen akan produk yang
kami pasarkan.
4.
Menyusun laporan keuangan, tahapan ini dilakukan untuk membuat system
managemen yang baik dalam kegiatan usaha. Kami percaya, jika penanganan
konsumen tersusun dengan baik maka semua kegiatan produksi akan berjalan lancar
dan maksimal.
Bahan Baku
Dalam proses produksi kami
menggunakan bahan baku rincian sebagai berikut:
Bahan Bahan Usaha |
Perkiraan Harga per
Barang |
Roti (1 Paket, isi
sekitar untuk 5 roti bakar) |
Rp 10.000 (per 1 paket) |
Mentega |
Rp 40.000 (per 1 Kg) |
Meises Coklat |
Rp 36.000 (Per 1 Kg) |
Keju |
Rp 30.000 (Per Batang) |
Selai Buah |
Rp 30.000 (Per botol
selai) |
Selai Kacang |
Rp 30.000 (Per Botol) |
Sosis |
Rp 24.000 (Per Kemasan) |
Kornet |
Rp 20.000 (Per Kemasan) |
Saus Tomat |
Rp 25.000 (Per Kemasan
Besar) |
Saus Pedas |
Rp 20.000 (per kemasan
besar) |
Mayonaise |
Rp 20.000 (Per Kemasan
Besar) |
Milo |
Rp 15.000 (Per Renceng) |
Selai Coklat |
Rp 30.000 (Per Botol) |
Gas Elpiji |
Rp 25.000 (12 kg Melon) |
TOTAL |
Rp 350.000 |
(Daftar Bahan Baku)
Peralatan dan
Perlengkapan
Dalam kegiatan produksi
kami, peralatan dan perlengkapan yang kami gunakan sebagai berikut:
1.
Peralatan
No |
Nama Barang |
Qty |
1 |
Wajan Teflon |
1 |
2 |
Sodet / Spatula |
1 |
3 |
Kompor |
1 |
4 |
Tabung Gas 12 kg |
1 |
5 |
Tatakan / Meja |
1 |
(Daftar Peralatan)
2.
Perlengkapan
No |
Nama Barang |
Qty |
Harga Satuan |
Jumlah |
1 |
Wadah Steroform |
100pcs |
Rp. 400 |
Rp. 40.000 |
2 |
Garpu Plastik |
5pck |
Rp. 3.500 |
Rp. 17.500 |
3 |
Kertas Minyak |
100lbr |
Rp. 200 |
Rp. 20.000 |
Total |
Rp. 87.500 |
(Daftar Perlengkapan)
Biaya Lain-Lain
No |
Nama Biaya |
Jumlah |
1 |
Isi Ulang Gas |
Rp. 20.000 |
2 |
Pamflet |
Rp. 10.000 |
3 |
Kupon |
Rp. 2.000 |
Total |
Rp. 32.000 |
(Biaya Lain-Lain)
Cara Pembuatan
1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, memasukan gula pasir dan
telur yang sudah anda siapkan ke dalam mangkuk atau wadah berukuran besar.
2. Kemudian, kocok kedua bahan tersebut dengan menggunakan kocokan manual atau
whisker. Kocok hingga gula pasir larut dan adonan mengembang.
3. Apabila sudah seperti itu, masukan tepung terigu sedikit demi sedikit ke
dalam adonan sambil dikocok sampai merata.
4. Lalu masukan margarin yang sudah anda lelehkan ke dalam adonan. Aduk sampai
margarin tercampur rata.
5. Kemudian tambahkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk. Aduk hingga
semua adonan benar-benar tercampur rata.
6. Apabila adonan sudah tercampur rata, maka anda dapat menuangkan adonan ke
dalam teko kecil atau wadah bercorong yang lainnya
7. Roti Bakar SEHAT
siap dijual
BAB IV
RENCANA
ANGGARAN
Modal/ Pemasukkan
Modal yang kami keluarkan
dalam sekali produksi ialah sebesar Rp. 248.500
Total Biaya =
Bahan Baku + Perlengkapan + Biaya lain-lain
=
Rp.350.00 +
Rp. 87.500 + Rp. 32.000
Total pengeluaran yang
digunakan dalam satu kali produksi menghasilkan 250pcs produk dengan modal
pengeluaran Rp. 469.500
Penentuan Harga Jual
Harga Pokok Produksi = Total Biaya/Hasil Produksi
= Rp. 469.500,-/250
= Rp. 1.878,-
Harga Jual = Harga Pokok+Laba
yang diinginkan
= Rp. 1.878,- + Rp. 1.122,-
= Rp. 3.000
Jadi harga jualnya yaitu (Rp.
3.000,-/pcs)
Perhitungan
Laba/Rugi
Laba = (Hasil produksi x Harga
jual)-Modal
= (250 x Rp. 3.000)- Rp. 469.500
= Rp. 750.00 – Rp. 469.500
= Rp. 280.500,-
Persentase Laba = Laba/Modalx100%
= 280.500/469.500x100%
= 0.6%
Persentase dari laba bersih
yang didapat dalam satu kali produksi yaitu 0.6%
BAB V
PENUTUP
Kesimpulan
Roti Bakar SEHAT merupakan
brand produk yang diciptakan oleh kami dalam bidang ini, kami menciptakan
produk ini atas survey yang kami lakukan untuk mencari peluang bisnis yang baik
dan bermanfaat (yang dibutuhkan) oleh masyarakat, kami sangat mengharapkan
produk yang kami buat dapat diterima dan disenangi oleh konsumen.
Komentar
Posting Komentar